Sabtu, 20 Juni 2020

BUKU PEMBELAJARAN PEMODELAN MATEMATIKA SEKOLAH

Buku Pembelajaran Pemodelan Matematika adalah Buku yang merupakan produk penelitian disertasi tentang Pembelajaran Pemodelan Matematika sebagai Pendekatan Pembelajaran Matematika.
Buku ini dapat dijadikan sebagai rujukan bagi guru, peneliti, dosen dan siswa dalam mendesain pembelajaran matematika dengan soal pemodelan matematika. 

Jika Anda ingin mendownload buku ini, silakan klik link berikut ini.


Senin, 20 April 2020

Link Soal Pemodelan Matematika Sekolah oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM)

Berikut adalah link soal Pemodelan Matematika Covid 19 yang lagi trend sekarang yang sangat menarik untuk dipelajari.

https://www.nctm.org/Coronavirus-and-Pandemics-Math-Resources/?fbclid=IwAR1FPIiKt-R2_hpyBkfhbo_vkY-C4O5LM3chs1ZJd6_gSyVpss74GGBl8Gs

LINK BUKU DIDAKTIK MATEMATIKA DI EROPA

Berikut adalah link buku dan artikel (monograp) tentang tradisi didaktik matematika di Eropa

1. https://www.springer.com/gp/book/9783030202224?fbclid=IwAR3Xl3xi3sZs0C9Joth2hk_d0SHl2fBn_Z_F-EQqTPQmBKAIIBuNwfgaluo

2. Didaktik Matematika di Indonesia oleh Prof. Dr. Zulkardi, M.I.Kom., M.Sc. dan Prof. Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si., yaitu
https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-981-13-6312-2_3?fbclid=IwAR3oW8fc9UbNVXId_1guG2tUq_BtdBVMVEJ8cVEtTzaJGuDezDXojWPHg8E

S3 Pendidikan Matematika FKIP Unsri Terbaik di Indonesia

Prodi S3 Pendidikan Matematika Unsri Terbaik di Indonesia


Intens.news, PALEMBANG – FKIP Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya telah memiliki Program studi S3 atau program doktor. Prodi S3 ini pertama di luar pulau jawa, bahkan saat ini, S3 Prodi Pendidikan Matematika Unsri ini menjadi yang terbaik di Indonesia.
Kordinator Prodi S3 Pendidikan Matematika Prof Dr Zulkardi MI Kom MSc mengatakan, prodi ini merupakan satu-satunya yang ada di FKIP Unsri untuk jenjang S3 dan sudah ada sejak tahun 2016 lalu.
“Kita juga mendapatkan sebagai prodi jenjang S3 terbaik, dimana penilaiannya dari artikel atau jurnal terbanyak yang ditulis oleh dosen yang banyak dicari atau menjadi acuan,” katanya , Kamis (13/02/2020).

Ia mengatakan, di Indonesia hanya ada beberapa PTN yang ada jenjang S3 untuk prodi matematika yakni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) , Universitas Negeri Bandung, Universitas  Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Negeri Makasar.
“Bahkan ditahun ini akan ada lulusan pertama untuk program doktor ini. Tadi kita melakukan ujian untuk dua promosi calon doktor kita yang kita gelar selama dua hari,” ujarnya.
Saat ini pula, pihaknya telah membuka pendaftaran bagi program doctor, dengan Rp 9 juta per semester. Sementara itu untuk tenaga pengajar ada enam tenaga pengajar yakni dua profesor dan empat doktor. “Pendaftaran ini telah kita buka hingga Mei mendatang. Untuk kuota kita juga terbatas minimal hanya 10 orang saja,” pungkasnya.
Ini link beritanya:

Sabtu, 04 Januari 2020

JENIS MOTIVASI YANG MUNCUL KARENA PEMODELAN MATEMATIKA


Zbiek & Conner (2006) berpendapat keterlibatan dalam kegiatan pemodelan matematika mendukung tiga jenis motivasi.
1.      Jenis motivasi pertama adalah konfirmasi bahwa situasi dunia nyata menarik bagi (sebagian) peserta didik.
2.      Jenis motivasi kedua adalah sekadar motivasi untuk (atau melanjutkan) belajar matematika secara umum.
3.      Motivasi belajar matematika baru, tipe motivasi ketiga, muncul ketika seorang pemodel siswa menganut tujuan itu, pendapat pemodel, adalah tidak cukup dipenuhi oleh pengetahuan pemodel matematika, dan pemodel secara aktif mencari pemahaman tentang matematika yang dibutuhkan dan dengan demikian termotivasi untuk menambah pengetahuan baru atau koneksi baru di antara bagian pengetahuan yang dikenal.

Zbiek, R.M., & Conner, A. (2006). Beyond motivation: exploring mathematical modeling as a context for deepening students’ understandings of curricular mathematics. Educational Studies in Mathematics, 63(1), 89–112. DOI: 10.1007/s10649-005-9002-4

Kamis, 02 Januari 2020

DEFINISI MASALAH

Apa itu masalah?


Menurut Blum dan Niss (1991), masalah dapat didefinisikan sebagai “situasi yang disertai dengan pertanyaan terbuka tertentu yang menantang seseorang secara intelektual yang tidak memiliki metode / prosedur / algoritma langsung, dll.

Hal senada diungkapkan Hartono (2019) bahwa soal tak rutin => Masalah atau soal Pemecahan Masalah adalah soal yang prosedur penyelesaiannya bukan prosedur siap pakai. Soal pemecahan masalah bukan soal dengan prosedur penyelesaian yang rumit atau soal yang untuk menyelesaikannya memerlukan banyak konsep matematika (Hartono, 2018) 

Blum, W., & Niss, M. (1991). Applied mathematical problem solving, modelling, applications, and links to other subjects: State, trends and issues in mathematics instruction. Educational Studies in Mathematics, 22(1), 37–68. https://doi.org/10.1007/BF00302716

Hartono, Y. (2019). Pemodelan Matematika dalam Pemecahan Masalah. Atikel dipresentasikan pada National Conference on Mathematics Education (NaCoME). Palembang, 27 Nopember 2019. Ini link artikel Pak Yusuf Hatono tersebut (https://www.luminpdf.com/viewer/5e0ef0323d110b0013ae6d78)