Sabtu, 04 Januari 2020

JENIS MOTIVASI YANG MUNCUL KARENA PEMODELAN MATEMATIKA


Zbiek & Conner (2006) berpendapat keterlibatan dalam kegiatan pemodelan matematika mendukung tiga jenis motivasi.
1.      Jenis motivasi pertama adalah konfirmasi bahwa situasi dunia nyata menarik bagi (sebagian) peserta didik.
2.      Jenis motivasi kedua adalah sekadar motivasi untuk (atau melanjutkan) belajar matematika secara umum.
3.      Motivasi belajar matematika baru, tipe motivasi ketiga, muncul ketika seorang pemodel siswa menganut tujuan itu, pendapat pemodel, adalah tidak cukup dipenuhi oleh pengetahuan pemodel matematika, dan pemodel secara aktif mencari pemahaman tentang matematika yang dibutuhkan dan dengan demikian termotivasi untuk menambah pengetahuan baru atau koneksi baru di antara bagian pengetahuan yang dikenal.

Zbiek, R.M., & Conner, A. (2006). Beyond motivation: exploring mathematical modeling as a context for deepening students’ understandings of curricular mathematics. Educational Studies in Mathematics, 63(1), 89–112. DOI: 10.1007/s10649-005-9002-4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar