Zbiek & Conner (2006) berpendapat
keterlibatan dalam kegiatan pemodelan matematika mendukung tiga jenis motivasi.
1.
Jenis motivasi pertama adalah konfirmasi
bahwa situasi dunia nyata menarik bagi (sebagian) peserta didik.
2.
Jenis motivasi kedua adalah sekadar
motivasi untuk (atau melanjutkan) belajar matematika secara umum.
3.
Motivasi belajar matematika baru, tipe
motivasi ketiga, muncul ketika seorang pemodel siswa menganut tujuan itu, pendapat
pemodel, adalah tidak cukup dipenuhi oleh pengetahuan pemodel matematika, dan pemodel
secara aktif mencari pemahaman tentang matematika yang dibutuhkan dan dengan
demikian termotivasi untuk menambah pengetahuan baru atau koneksi baru di
antara bagian pengetahuan yang dikenal.
Zbiek,
R.M., & Conner, A. (2006). Beyond motivation: exploring mathematical modeling
as a context for deepening students’ understandings of curricular mathematics. Educational Studies in Mathematics,
63(1), 89–112. DOI: 10.1007/s10649-005-9002-4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar