Menurut Blum dan Niss (1991), masalah
dapat didefinisikan sebagai “situasi yang disertai dengan pertanyaan terbuka
tertentu yang menantang seseorang secara intelektual yang tidak memiliki metode
/ prosedur / algoritma langsung, dll.
Hal senada diungkapkan Hartono (2019) bahwa soal tak rutin => Masalah atau soal Pemecahan Masalah adalah soal yang prosedur penyelesaiannya bukan prosedur siap pakai. Soal pemecahan masalah bukan soal dengan prosedur penyelesaian yang rumit atau soal yang untuk menyelesaikannya memerlukan banyak konsep matematika (Hartono, 2018)
Hal senada diungkapkan Hartono (2019) bahwa soal tak rutin => Masalah atau soal Pemecahan Masalah adalah soal yang prosedur penyelesaiannya bukan prosedur siap pakai. Soal pemecahan masalah bukan soal dengan prosedur penyelesaian yang rumit atau soal yang untuk menyelesaikannya memerlukan banyak konsep matematika (Hartono, 2018)
Blum,
W., & Niss, M. (1991). Applied mathematical problem solving, modelling,
applications, and links to other subjects: State, trends and issues in
mathematics instruction. Educational Studies in Mathematics, 22(1), 37–68. https://doi.org/10.1007/BF00302716
Hartono, Y. (2019). Pemodelan Matematika dalam Pemecahan Masalah. Atikel dipresentasikan pada National Conference on Mathematics Education (NaCoME). Palembang, 27 Nopember 2019. Ini link artikel Pak Yusuf Hatono tersebut (https://www.luminpdf.com/viewer/5e0ef0323d110b0013ae6d78)
Hartono, Y. (2019). Pemodelan Matematika dalam Pemecahan Masalah. Atikel dipresentasikan pada National Conference on Mathematics Education (NaCoME). Palembang, 27 Nopember 2019. Ini link artikel Pak Yusuf Hatono tersebut (https://www.luminpdf.com/viewer/5e0ef0323d110b0013ae6d78)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar