Senin, 30 Desember 2019

MATEMATIKA ITU BERGUNA DENGAN APLIKASI DAN PEMODELAN

Dalam Buku Susanto (2015) dinyatakan bahwa ada suatu pertanyaan, yaitu apa gunanya belajar matematika bila kita tahu kita tidak akan pernah menggunakannya? Susanto (2015) mencontohkan di UMass, Amherst semua mahasiswa ilmu sosial harus mengambil mata kuliah Kalkulus pada tahun pertama mereka. Kemudian ia menyatakan bahwa tentu saja banyak aplikasi matematika dalam disiplin ilmua sosial, termasuk untuk pemodelan matematikanya. Kemudian ditegaskannya lagi apakah sia-sia orang belajar matematika yang tidak ada hubungannya dengan matematika setelah lulus. Menurut Susanto (2015) bahwa jawabannya TIDAK. Alasannnya
1. Tidak ada mahasiswa yang tahu persis apakah dia tidak akan pernah memerlukan matematika pada masa datang,
2. Matematika adalah akal. Siapa pun orangnya, selama dia masih perlu memutuska sesuatu menggunakan akal rasionanya, maka sesungguhnya dia sedang memakai matematika.

Berdasarkan pendapat Susanto (2015) di atas menunjukkan bahwa banyak siswa/mahasiswa belum melihat secara langsung kegunaan matematika di bidang ilmu yang ia pelajari. Sehingga, pembelajaran pemodelan matematika perlu diberikan secara eksplisit di kelas matematika agar siswa bisa melihat secara langsung kegunaan matematika. Tantangan guru/dosen adalah bagaimana mendesain soal aplikasi dan pemodelan matematika yang berkualitas.


Susanto, H. (2015). Tuhan Pasti Ahli Matematika. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar