Rabu, 25 Desember 2019

PERANAN KONTEKS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Berdasarkan kajian literatur Jurnal Internasional, Buku dan Artikel lainnya Peneliti memberikan simpulan. 
Beberapa peranan konteks dalam pendidikan matematika.
1.      Mempermudah siswa dalam memahami konten matematika (karena matematika itu adalah bersifat abstrak, maknanya kosong, sistem aksiomatik deduktif, matematika boleh tidak dihubungkan dengan dunia nyata karena kebenarannya tidak tergantung pada dunia nyata tetapi ini tidak cocok bagi siswa di level bawah karena sulit bagi siswa)
2.      Sebagai arena aplikasi dan pemodelan matematika atau konten matematika di dunia nyata. Ini menunjukkan bahwa konten matematika itu bisa dipakai di dunia nyata. Sehingga siswa memiliki opini bahwa matematika bisa dipakai di dunia nyata. Satu konten matematika bisa dipakai menyelesaikan beberapa konteks masalah.
3. Sebagai sarana atau alat untuk memecahkan masalah dunia nyata. Hal ini memungkinkan siswa memiliki pengalaman menyelesaikan masalah dunia nyata menggunakan matematika. Satu masalah bisa diselesaikan dengan beberapa konten matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar